Sabtu, 10 September 2016

JANGAN MASAK PINDANG, JIKA BELUM BACA 5 HAL INI!


Akhir bulan sudah siap muncul dari ufuknya dan para emak sudah siap pasang kuda-kuda untuk bisa mengelola uang belanja keluarga dengan bijak. Seorang emak harus bisa cerdas dan kreatif dalam mempersembahkan hidangan untuk keluarga tercinta. Sehingga harus mempunyai inisiatif bagaimana uang yang ada saat ini bisa sampai akhir bulan atau kalau bisa mendatangkan pendapatan di luar pendapatan rutinnya. Emak juga dituntut bisa terampil dalam mengolah sumber bahan makanan yang saat ini yang tersedia di rumah atau yang harus diolah sesuai dengan budget uang belanja.

”Ah...kenapa juga rempong-rempong harus kreatif, inovatif, inisiatif dan terampil kan bisa langsung beli yang sudah matheng ...tinggal lheb lagi....” Memang untuk sebagian emak yang mungkin sedang sibuk dan mempunyai kelebihan rejeki maka itu alternatif yang mudah dan praktis sehingga bisa melakukan hal lain, tapi bagaimana dengan emak yang memang harus dituntut untuk pandai - pandai mengatur uang belanja karena keadaan atau memang yang merupakan kemauan dari emak itu sendiri.

Saat ini para emak sepertinya sudah mulai melek teknologi digital yaitu dengan adanya sambungan internet yang wus...wus...wus ataupun yang mungkin lelet karena faktor sinyal. Para emak minimal sudah banyak yang memiliki smartphone yang bisa mengakses sosial media dimana di sana para emak bisa mendapatkan inspirasi, ide untuk menjadikan dirinya seorang emak yang kreatif, terampil dan cerdas. Dan salah satunya dalam hal memasak , tentang tips-tips memasak, menu harian, resep masakan simpel, praktis, irit dsb.

Bicara tentang irit, pastilah para emak akan selalu melirik kan ya...alias minat banget apalagi tentang dapur mengepul dengan budget yang irit tapi keluarga tetap mempunyai asupan gizi.  


Jadi, masakan apa, dengan bahan yang bergizi tapi harga terjangkau ? Bagaimana jika kita memilih ikan pindang ? Dimana ikan pindang harganya sangat terjangkau. 


Nah emak - emak pasti tahu kan ya apa itu ikan pindang? Ikan pindang adalah ikan dari beberapa jenis ikan seperti salem, tongkol, bandeng, kembung dsb yang dilakukan proses pemindangan. Proses pemindangan dengan cara merebus dengan memakai garam. Penambahan garam agar ikan lebih awet dan tekstur ikan menjadi padat kompak. 



Pindang Ikan Salem Kecil Besek


Pertanyaannya sekarang , apa iya ikan pindang mempunyai nilai gizi? Menurut sumber Direktorat Gizi, Depkes 1992, ikan pindang mempunyai nilai gizi protein(g)27-31, Energi (kkal) 142-170 , lemak (g) 2- 4,2, Kalsium (mg) 50-60, So..ikan pindang bergizi kan maks? Dan sangat baik untuk perbaikan gizi lho.. 
 
Ada 5 hal yang harus diperhatikan untuk menentukan kualitas ikan pindang :  
  1. Rupa, ikan utuh dan tidak patah, mulus , tidak luka, tidak terdapat endapan asing, tidak ada endapan garam , lemak atau kotoran lain. 
  2. Warna, spesifik untuk tiap jenis, cemerlang, tidak berjamur, tidak berlendir  
  3. Bau, spesifik ikan pindang seperti ikan rebus, gurih, segar, tanpa bau tengik, masam, basi atau busuk  
  4. Rasa, gurih spesifik pindang, enak dan tidak terlalu asin, rasa asin merata, tidak ada rasa asing.  
  5. Tekstur, padat, kompak, tidak basah, tidak berair, cukup kering
(sumber wibowo 1996)
Pindang Ikan Salem besek

Pindang Ikan Bandeng



Nah sekarang emak - emak lebih semakin tenang untuk mengkonsumsi ikan pindang kan ? Untuk resep mengolah ikan pindang dengan enak dan maknyuss, emak tinggal ketik ke google dan akan mendapatkan ratusan resep memasak ikan pindang.

So, mudah, simple, irit dan kreatif kan maks?

Balado Ikan Pindang

kayuniart

19 komentar:

  1. Ikan pindang juga enak dibikin pepes campur daun singkong dan kelapa muda mba.
    Oya milih ikan pindang yang mak nyuss tips ya juga mba.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maknyusss sekali Uty...
      Kapan-kapan eksekusi aah.

      Hapus
  2. Aku kalau ikan pindang memang lebih sering buat pepes, mba. Lebih praktis. Di Surabaya lebih banyak ada ikan pindang, mba :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karena di sana dekat dengan laut ya Bund..
      Kalau d Solo jauh, mau cari ikan laut segar susaah.

      Hapus
  3. biasanya ikan pindang gini dimasak pepes ato di tumis dengan aneka cabe, tomat , jamur.... jd berasa asin gurih pedas :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wow..tumis dengan cabe,tomat ,jamurr....yummy

      Hapus
  4. Ikan pindang kl aku cuma digoreng doangm heheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Digoreng dcamour tepung bumbu atau telur kocok ya maak..terus nnti sm sambel makannya...maknyusss

      Hapus
  5. Waahh nama beken gereh ternyata ikan Pindang to..
    Baru tau..
    :-D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Owh dsna namanya gereh tho maak...kalau d semarang namanya pindang.

      Hapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  7. Waaah ini kesukaan aku Mba.. Biasanya aku bumbu pedes gitu..bisa makan berkali2 deh..wkwkwk..

    Oya inget banget, temen SMP dulu suka bekal nasi + pundang goreng ini. Yup cuma digoreng. Baunya sih amis yaa.. Tapi temen sya itu udah jd dokter sekarang, lulusan UI. Wow yaaa..

    BalasHapus
  8. Aku suka ikan pindang, kadang di balado bisa juga dimasak cabe hijau..bisa habis nasi banyak ini Mak kalau lauknya ikan pindang.

    BalasHapus
  9. Aku suka ikan pindang, kadang di balado bisa juga dimasak cabe hijau..bisa habis nasi banyak ini Mak kalau lauknya ikan pindang.

    BalasHapus
  10. Aku suka ikan pindang, kadang di balado bisa juga dimasak cabe hijau..bisa habis nasi banyak ini Mak kalau lauknya ikan pindang.

    BalasHapus
  11. aku sering kecolongan mb, salah pilih pindang yang seger...mampir ke sini jadi tau trik n tipsnya

    BalasHapus
  12. Bisa dipraktekin di kost nih.. hehe
    Btw, salam kenal ya :)

    BalasHapus
  13. Saya suka ikan pindang, disuwir terus dibikin balado :D maknyuuss

    BalasHapus
  14. Wah, jadi berminat blajar bikin sendiri, saya. Makasih inspirasinya ya, Mbak :)

    BalasHapus