Senin, 05 September 2016

Ini lho Macam - Macam Jenis Pensil

Saat membaca buku tentang metode belajar menggambar dengan pensil, di buku tersebut  ada penjelasan sekilas tentang pensil dan kemudian saya pun mulai BW alias blog walking..wow dan hasilnya ternyata banyak jenis ya pensil itu dengan fungsinya masing - masing yang membuat saya penasaran.

Rasa penasaran saya pun akhirnya berlanjut, saya buat planning akan hunting yang namanya pensil ! Dan akhirnya keturutan...alhamdulillah saya dapat beberapa jenis pensil, yang aduhai..manis sekali...hehe. Dan memang tidak lengkap dari hasil hunting saya, tapi setidaknya rasa penasaran saya terobati. 

Saya sebagai orang awam bukan orang seni rupa, ah.. jadi ingat guru seni rupa saya jaman SMP dulu lupa namanya beliau semoga Allah menerima amal ibadah beliau, Beliau saat mengajar kami sudah sepuh tapi tangannya begitu terampil menarikan pensilnya,oops..nostalgia jadinya.

Selama ini yang saya tahu ya pensil - pensil biasa, pensil ya tidak bermacam - macam, seperti pensil - pensil yang kita lihat di toko - toko buku / ATK (Alat Tulis dan Kantor ),  seperti HB, 2h, 2B, pensil ceklik - ceklik alias pensil mekanik dan pensil  cabut lepas ( hmmm..apa ya namanya ? ). 
Yuk kita coba sedikit oprek tentang pensil....hayah gayanya ngoprek ...hehe

Apa itu pensil ?
Semua tahu kan ya apa itu pensil? 
Tahu bentuknya pensil kan ?
Ada yang tidak tahukah ?
Pasti semua sudah tahu apa itu pensil setidaknya bentuk pensil dan cara menggunakannnya. Bisa jadi sejak kita bayi sudah memegang pensil atau ya..paling tidak ngemuti  pensil ... rasanya gimana? masih ingat? hahaha...oops.

kampungkayuni.blogspot.co.id

Pensil 

Oke kita lanjutkan, kita buka kamus KBBI ya, dalam KBBI pensil/pen·sil/ /pénsil/ n 1. alat tulis berupa kayu kecil bulat berisi arang keras, 2 alat menggambar berupa ikatan bulu (rambut) diberi bertangkai; kuas. 

Setelah kita tahu arti pensil menurut KBBI, sekarang kita mulai sedikit ngoprek ya macam - macam pensil atau jenis pensil...yuklah. 

Dari baca beberapa blog dan baca - baca buku ternyata macam pensil buanyak sekali dilihat dari masing - masing fungsinya.

Apa saja Jenis Pensil ?
  1. Pensil Grapith dengan seri dari H,HB ,B, 2B3b, 4B , 8B sampai EE , masing - masing mempunyai ketebalan yang berbeda, dan kita tahu pensil ini yang sering kita gunakan. Dalam dunia menggambar jenis pensil yang sering digunakan adalah pensil dengan seri B, dimana bisa kita lihat pensil seri B lebih gelap dari pensil seri H, seperti yang di tulis dalam buku "Metode ASyik Belajar Menggambar dengan Pensil dari Pemula jadi Mahir" dikatakan bahwa Dalam menggambar dengan pensil dibutuhkan pensil dengan kegelapan yang cocok untuk menggambar seni, berbeda dengan menggambar teknik yang membutuhkan goresan yang halus dan tipis maka menggunakan pensil jenis H, tetapi semua tergantung dari seleranya masing - masing.
    pensil HB, 2H,2B,3B,4B,5B,6B,7B,8B ~ kampungkayuni.blogspot.co.id
  2. Pensil Mekanik , atau saya biasanya menyebutnya pensil "ceklik - ceklik" , pensil ini bisa di isi ulang, mudah patah dan pensil ini juga mempunyai ukuran yaitu H dan 2B, biasanya sering dipakai untuk anak sekolah, ingat jaman kecil dulu suka dengan pensil "ceklik - ceklik" ini . Dalam dunia menggambar pensil ini sepertinya pas untuk bagian mengasir karena ukurannya yang tipis. (foto  menyusul ~ belum punya pensilnya )
  3. Pensil Tukang, pensil yang biasanya dipakai untuk pak Tukang kayu dalam mendasain kayu atau untuk menggaris / memberi tanda, bentuk pensil ini pipih lebar.
    pensil tukang ~ Kampungkayuni.blogspot.co.id
  4. Pensil Dermatograph, pensil ini baru saya lihat alias baru pertama kali saya pegang dan lebih pasnya baru saya beli....halah komplit ...hehe. Pensil ini unik menurut saya, pemukaan pensilnya yang licin, berminyak dan untuk casingnya unik terdiri dari kertas dan dalamnya ada uliran dari kertas juga. Tadinya saya bingung gimana cara ngrautnya kalau patah? Saya coba dari bagian belakang kok tebuat dari kertas juga. Di ujung pensilnya ada benang "nglewer" , satu benang terurai saya coba tarik dan ternyata kertas uliran tadi lepas, dan muncullah pensil baru...unik kan? Pensil ini berfungsi untuk menggambar desain / sketsa di kaca, kulit, keramik, besi dan plastik seperti yang tertulis di pensil tesebut. Pensil ini juga di sebut Pencil Glass.
    pencil glass ~ ada benang di ujung
  5. Pensil Rias, pensil yang fungsinya untuk merias wajah, untuk menggambar / menghitamkan alis , ada juga pensil rias untuk menghitamkan bulu mata atas dan bawah ( sebagai celak ). Tekstu dari pensil ini lembut, dan empuk. ( FOto menyusul ~ kamera hp eror )
  6. Pensil Warna, Pensil ini digunakan untuk mewarnai gambar, teksturnya keras sama dengan pensil grapith. 
  7. Pensil Krayon, Pensil krayon fungsinya sama dengan pensil warna,tetapi teksturnya lebih empuk,licin dan berminya.
  8. Pensil Conte, belum pernah lihat jadi belum bisa menjelaskan
  9. pensil Carchoal, sama dengan pensil conte, belum penah melihat juga. 
Bagaimana, jadi lebih tahu ya tentang pensil? Begitupun juga dengan saya, karena yang saya tahu pensil ya itu - itu saja tapi dengan aneka casing yang dikemas cantik dan menarik.

Baiklah oprekan tentang pensil ini semoga bermanfaat.






16 komentar:

  1. waaa...ternyata pinsil macem2 ya mbak.tfs ya mbak

    BalasHapus
  2. aaah... itu pensil warna Staedtler-nya nostalgic banget... jadi ingat zaman SD.. thank you for sharing, mbak... 😘

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya niih...pas nulis ini
      Masa Esdeh and SMP jadi muncul kembali

      Hapus
  3. Wah aku baru tau macam.macamnya apalagi yg ada benangnya itu... Tauku cm pensil alis sama pensil biasa..😂😂😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha..sama Mak.saya juga tadinya cuma itu ..
      Tapi ternyata..

      Hapus
  4. Wah twrnyata macem2 ya mbak. Salam kenal
    www.yuliarinta.com

    BalasHapus
  5. ternyata ada artimya ya.. huruf H dan B di pangkal pensil..tak kira sama semua..hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mak..saya kira juga dulu semua pensil sama..hehe

      Hapus
  6. Waaah baru tau ternyata ada beberapa jenis pensil Mbaaaak :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama Mbaak..saya juga baru - baru ini tahunya..makanya saya coba hunting...:D

      Hapus
  7. Itu saya cuma tau pensil 2B doang hihiihi pas lihat ada macam-macamnya, saya jadi bingung itu untuk apaa ya banyak jenisnya >.< barangkali yang kuliah di arsitek itu ngerti kali yes :D
    Pensil alis kayaknya semua perempuan punya ya :D

    Tfs mak jadi tau deh macam-macam pensil

    BalasHapus
  8. aku pernah nyoba pake pinsil tukang, keras banget hihi

    BalasHapus