Jumat, 28 Oktober 2016

Wedang Kayu Secang

Wedang Secang 

Minuman yang dbuat dari rebusan kayu Secang ternyata sudah tenar sejak dulu kala, dijaman kerajaan. Karena awalnya wedang secamg hanya bisa diminum oleh para bangsawan kraton saja. Konon ceritanya Wedang secang pada awalnya merupakan minuman tradisional keraton Yogyakarta dan masyarakat Jawa Tengah (Trubus, 2010). Tapi kini wedang secang telah populer dan kita pun bisa merasakan nikmatnya wedang Secang, efek yang memberi rasa hangat pada tubuh.

Nah Selain rasanya yang enak, Wedang Secang memiliki banyak khasiat, antara lain:
1. menghilangkan pegal linu
2. meningkatkan stamina
3. menjaga daya tahan tubuh

Pengertian wedang secang ada berbagai macam namun pada intinya wedang secang dapat didefinisikan sebagai minuman tradisional berwarna merah yang berasal dari pewarna alami dari secang dan beraroma segar karena mengandung berbagai rempah-rempah di dalamnya. 

Konon ceritanya Wedang secang pada awalnya merupakan minuman tradisional keraton Yogyakarta dan masyarakat Jawa Tengah (Trubus, 2010).
Sedangkan Charisis (2008) dalam Anonim (2008) menyatakan bahwa wedang secang merupakan minuman tradisional secang dianggap merupakan warisan turun-temurun bagi masyarakat di wilayah Desa Seloliman, Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto. 

Minuman tradisional ini diyakini sebagai salah satu minuman favorit Raja Majapahit ini, yang kerap digunakan oleh warga untuk meningkatkan stamina. Wah ternyata raja - raja dulu “doyan” minum ramuan ini. Kita juga dong biar stamina tetap ok dan berumur panjang.
Minuman secang biasa disajikan pada kondisi hangat, namun minuman ini dapat juga disajikan dalam kondisi dingin.

Bahkan untuk meningkatkan kesegarannya, bagi yang menyukai rasa asam dapat menambahkannya dengan air jeruk nipis.
Dahulu sinshe abdulgofar jember menyebutkan warna merah secang akan tergradasi akibat rasa asam pada jeruk dan akan merubah karakteristik dan afinitasnya.

Menurut Ristina (2009), Manfaat wedang secang antara lain dapat mengatasi gangguan pembuluh darah koroner yang menyempit, dan berfungsi mengurangi tekanan darah sehingga perdaran darah menjadi lancar. Selain itu wedang secang juga bermanfaat untuk menghangatkan tubuh, mencegah masuk angin, dan member rasa nyaman pada perut (Trubus, 2010)

Yuk kita intip bagaimana membuat wedang secang :

Bahan : serutah kayu secang :30gr
Gula aren : secukupnya
Cara membuatnya :
1. Panaskan 4gelas air hingga mendidih
2. Masukkan secang dan biarkan selama 10menit
3. Matikan api, masukkan gula aren
4. Angkat dan saeing
5. Sajikan

Apalagi saat ini bulan november 2014 mulai musim hujan, wedang secang sangat cocok kita sajikan ditemani rintikan hujan dan keluarga tercinta.

Referensi :
#kuliah grup wa tcm , november 2014
#trubus,vol.08, Herbal Indonesia berkhasiat ,hal 50 dan 426

Tidak ada komentar:

Posting Komentar